IMK Latihan Bab 1
Hallo semuanya. Saya muqi akan berbagi informasi tetang interaksi manusia dan komputer. Langsung saja simak.Disini saya akan berbagi contoh soal latihan matakuliah interaksi manusia dan komputer yang diberikan oleh dosen pengampu IMK. Tolong dicatat dan perhatikan,Langsung saja tanpa basa basi.
Latihan Soal BAB
1. Jelaskan definisi Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan Komputer?
2. Jelaskan perbedaan antara IMK dan User Interface?
3. Jelaskan definisi Ergonomi itu?
4. Mengapa faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer?
5. Sebutkan dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK?
6. Apa saja yang terlibat dalam IMK?
7. Sebenarnya antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
8. Jelaskan tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan computer?
9. Sebutkan dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer?
10.Jelaskan tentang hubungan manusia,komputer dan interaksi dalam IMK?
Jawabanya :
Jawabanya :
1. Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan Komputer ) adalah Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface). Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI).
2. IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) atau HCI (Human Computer Interaction) merupakan ilmu yang mempelajari tentang perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang terkait dengannya. Sedangkan User interface adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. Jadi user interface merupakan jembatan komunikasi yang menjembatani user dengan komputer.
3. Ergonomi adalah ilmu yang memelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Dapat pula dikatakan bahwa aplikasi ilmu ergonomi adalah membentuk kondisi yang EASNE yaitu efektif, aman, sehat, nyaman dan efisien
5. Bidang ilmu yang terkait : Teknik Elektronika; ilmu komputer Bidang ilmu membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan dalam merancang interaksi manusia dan computer. Psikologi Bidang ilmu ini memberikan pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda-beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan motorik pengguna yang beraneka ragam. Ergonomi Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin. Ilmu Bahasa (Linguistik) Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Sosiologi Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia komputer pada struktur lingkungannya. Rekayasa Perangkat Lunak Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien serta user friendly. Kecerdasan Buatan Bagian ilmu computer yang bertujuan agar computer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini berperan perting untuk menciptakan suatu system yang handal, canggih dan menyerupai pola piker manusia. Desain grafis dan tipografi Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull.
6. komponen yang melibatkan model interaksi diantara pengguna : 1.User (manusia), 2.Sistem (mesin), 3.Interaksi.
7. Yang mempunyai bentuk tampilan yang dapat dilihat dan umumnya bersifat tetap yang selalu digunakan pada sebuah program aplikasi komputer. User friendly artinya antarmuka yang akan digunakan bisa dioperasikan dengan mudah, mudah dipahami, mudah dipelajari, dan pengguna (user) merasa nyaman menggunakan interface tersebut.
8.*Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna computer. *berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog.*penggunaan prototype yang berdasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang system.*Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototype yang telah dilakukan.
9.Sejarah interaksi manusia dan computer dimulai pada tahun 50-an ketika computer pertama kali diperkenalkan secara komersial. Computer yang diperkenalkan ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Kemudian pada tahun 70-an mengalami perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaaan, dsb). Kemajuan teknologi ini juga memperngaruhi rancangan sistem, sehingga muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interface (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin. Pada pertengahan tahun 80-an, para peneliti akademis mengenalkan istilah Humaan Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia dan komputer.
10. Menurut pendapat saya Manusia adalah pengguna atau user yang berperan sangat penting untuk melakukan kegiatan interaksi manusia dan komputer. Jika kita tidak melakukan kontak apa pun ke komputer ( bisa mouser, keyboard, dan lain lain). Komputer adalah perangkat keras yang digunakan untuk bisa melakukan interaksi manusia dan komputer. Interaksi adalah Kegiatan dimana user bersentuhan gerak dengan perangkat keras komputer.
.png)
0 komentar: