Interaksi Manusia dan Komputer ( Tugas 3 )
Hallo semuanya sahabat blogger, Pagi senja telah tiba dan matahari pun sedikit mengeluarkan sinarya. Dengan rasa ngantuk yang tak ada duanya. Baik sekarang saya akan share informasi tentang materi kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Minggu ke - 5 kalo tidak salah dosen pengampu mata kuliah IMK menugaskan kepada mahasiswanya untuk membuat resume tentang Prinsip apa saja yang mempengaruhi Leanarbility, Flexibilitas dan Robustuness. Sebelum itu saya akan sedikit menerangkan apa itu Paradigma, Jenis Paradigma dan Prinsip. Okeh Langsung saja simak informasi dibawah ini. Semoga dapat membantu dan bermanfaat pula.
Paradigma
Paradigma adalah Sistem interaktif yang berhasil /sukses pada
umumnya diyakini akan mening-katkan dayaguna (usability) dari sistem tersebut.
Prinsip
Prinsip merupakan suatu Interaksi efektif dari
berbagai aspek pengetahuan psikologi, komputasi dan sosiologi mengarahkan
peningkatan desain dan evolusi suatu produk, yang pada akhirnya akan
meningkatkan daya-guna sistem tersebut.
JENIS PARADIGMA
1. Time-Sharing
¨Satu
komputer yang mampu mendukung (dapat digunakan oleh) multiple user
¨Meningkatkan
keluaran (throughput) dari sistem
2. Video Display Units (VDU)
¨Dapat
memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang
berbeda
¨Mampu
memvisualisasikan abstraksi data
3. Programming Toolkits (Alat Bantu
Pemrograman)
¨Alat
Bantu Pemrograman memungkinkan programmer meningkatkan produktivitasnya
4. Komputer Pribadi (Personal Computing)
¨Mesin
berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk user tunggal.
5. Sistem Window dan interface WIMP
(Windows, Icons, Menus and Pointers)
¨Sistem
window memungkinkan user untuk berdialog / berinteraksi dengan komputer dalam
beberapa aktivitas/topik yang berbeda
6. Metapora (Metaphor)
¨Metapora
telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep baru, dimana konsep
tersebut telah dipahami sebelumnya.
¨Contoh
metapora (dalam domain PC):
¨Spreadsheeet
adalah metapora dari Accounting dan Financial Modelling
¨Keyboard
adalah metapora dari Mesin Tik
7.Manipulasi Langsung (Direct
Manipulation)
¨Manipulasi
Langsung memungkinkan user untuk mengubah keadaan internal sistem dengan cepat.
¨Contoh
Direct Manipulation adalah konsep WYSIWYG (what you see is what you get)
8.Bahasa vs. Aksi (Language versus
Action)
¨Bahasa
digunakan oleh user untuk berkomu-nikasi dengan interface
¨Aksi
dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user
9.Hypertext
¨Penyimpanan
informasi dalam format linear tidak banyak mendukung pengaksesan infor-masi
secara random dan browsing asosiatif.
¨Hypertext
merupakan metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang
memungkinkan akses atau browsing secara non-linear atau random.
10.Multi-Modality
¨Sistem
multi-modal interaktif adalah sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa
(multiple) saluan (channel) komunikasi pada manusia.
¨Contoh
channel komunikasi pada manusia : visual (mata), haptic atau peraba (kulit)
audio (telinga).
11.Computer-Supported Cooperative
Work (CSCW)
¨Perkembangan
jaringan komputer memung-kinkan komunikasi antara beberapa mesin (personal
komputer) yang terpisah dalam satu kesatuan grup.
¨Sistem
CSCW dirancang untuk memungkin-kan interaksi antar manusia melalui kompu-ter
dan direpresentasikan dalam satu produk.
¨Contoh
CSCW: e-mail (electronic mail)
Prinsip Yang Mendukung Pendayagunaan
Prinsip ini terdiri atas 3 kategori :
1. Learnability : yaitu kemudahan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal.
2. Flexibility : yaitu menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi.
3. Robustness : yaitu tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan keberhasilanya atau tujuan (Goal) yang diinginkan.
Leranability
Lerarnability menyangkut fitur sistem interaktif memungkinkan user baru memahami bagaimana menggunakannya pada saat awal dan mempertahankann kinerja pada level yang maksimal. Berikut ini prinsip-prinsip yang mendukung Learnability.
Tabel 1 Prinsip Yang Mempengaruhi Kemampuan Belajar
(Laernability)
Flexibility
flexibility berkaitan dengan banyaknya cara yang dapat ditempuh oleh end-user untuk bertukar informasi atau berkomunikasi dengan sistem. Terdapat beberapa aspek yang berkontribusi pada sifat flexibilitas interaksi seperti yang digambarkan pada tabel dibawah.
Tabel 2 Prinsip Yang Mempengaruhi Flexibility
Robustness
Robustness user menggunakan komputer untuk mencapai sekumpulan tujuan yang terkait dengan pekerjaannya atau area tugas tertentu. fitur robustness dari sebuah interaksi meliputi hal-hal yang mendukung keberhasilan pencapaian dan penilaian pencapaian tujuan tersebut, seperti yang tercantum dalam tabel dibawah.
Tabel 3 Prinsip Yang Mempengaruhi Robustness
Referensi : imk-03-lama.pdf
.png)
0 komentar: